Selingan

Komik Lawas

Sewaktu kecil dulu, komik apakah yang menjadi kesukaan Anda?

Dunia perkomikan Indonesia dewasa ini memang jauh berbeda dibanding dua puluh tahun yang lalu, setidaknya menurut saya sendiri, dalam artian ragam komik yang beredar. Setidaknya saya boleh mengklaim diri beruntung, karena di kompleks perumahan pegawai perusahaan minyak tempat saya tinggal memiliki perpustakaan, dan di bagian anak-anaknya banyak komik. Komik yang ada bukan seperti komik Jepang yang banyak beredar sepuluh tahun belakangan, tapi komik-komik lawas dari daratan Eropa, yang full colour. Saat itu memang bukan komik baru, karena saat saya pertama kali main ke sana pun kertasnya sudah usang. Tapi, di situlah pertama kali saya jatuh cinta, dan jatuh cinta kepada buku mendahului jatuh cinta kepada lawan jenis.

Komik yang menyita perhatian pertama kali adalah Tintin. Saya masih ingat, judul yang pertama kali saya baca adalah “Tujuh Bola Ajaib”. Dari situ mulai mengenal sumpah serapah Kapten Haddock, yang tetap menjadi favorit saya. Orang di sekeliling sampai tertegun, mendengar kerasnya saya tertawa. Dasar, bocah. Khusus tentang Tintin, saking demennya dengan komik yang satu ini, bapak, paman, dan eyang menjadi tempat “meminta” supaya bocah gila komik ini bisa melengkapi koleksinya.

Judul yang sudah dibaca

Berhubung koleksi Tintin di perpustakaan dekat rumah sangat tidak lengkap, saya mulai berkenalan pula dengan Agen Polisi 212, Spirou, Smurf, Lucky Luke, dan Gaston. Jumlahnya memang tidak banyak di sana, tapi cukup memuaskan. Kembali ke rumah, bapak yang juga senang dengan Asterix mulai menularkan kesukaannya. Berhubung Tintin yang terbitan lama (Indira) semakin sulit ditemukan, nafsu mengoleksi dialihkan ke Asterix. Lagi-lagi, memasuki tahun 2005 Asterix semakin sulit didapat.

Rasa kangen dengan komik-komik Belgia-Perancis itu mulai terobati waktu aktif les di Lembaga Indonesia Perancis (LIP) Jogja. Tebak, bagian mana yang sering saya datangi? Di perpustakaannya ada edisi lengkap Tintin, Tanguy-Laverdure, Asterix (sampai judul yang bahkan belum ada terjemahannya ke bahasa Indonesia), Agen 212, Lucky Luke, Smurf, dan banyak tokoh lain yang baru saya tahu keberadaannya. Sayangnya, kemampuan bahasa Perancis yang “nggak banget” membuat saya hanya memelototi gambarnya. Teksnya sih ditebak-tebak saja. Tapi cukuplah.

Andai dari kecil tinggal di Jogja, saya mungkin lebih bahagia lagi. Di Jalan Kaliurang, seberang rumah eyang saya dulu, ada taman bacaan (sekarang mungkin lebih dikenal dengan nama rental buku) “Tintin”, sebelah supermarket Gading Mas (ada yang tahu?). Pas main ke sana, memang lengkap edisi Tintinnya. Sayang, ketika mulai kuliah tahun 2004, taman bacaan “Tintin” itu sudah berubah menjadi toko pulsa. Entah jadi apa sekarang, mungkin toko parfum refill, mengingat perubahan di Jalan Kaliurang pesat sekali. Toko-toko yang dulu biasa saya satroni mungkin sudah pada bubar.

Untuk para penggemar komik Eropa, Gramedia sudah menerbitkan (kembali) beberapa judul, seperti Tintin, Agen 212, dan Lucky Luke. Oh ya, Asterix dan duet pilot Tanguy-Laverdure sebaiknya juga diterbitkan kembali dong 😀

Standard

4 thoughts on “Komik Lawas

  1. @ Nahd: Iya, tapi sayang di awal 1990-an komik-komik lokal udah jarang beredar lan turun popularitasnya. Jadi ingat bapak dulu cerita komik-komiknya RA Kosasih dan kawan-kawan. Sekarang terbit lagi ndak ya?

    @ Kenyo: Begitulah 😀 Salam kenal.

  2. JengOnter says:

    Sejuta topan badai! :mrgreen:
    Sedari kanak2 sampai sekarang sudah jadi kawak2, Asterix & Tintin teteup jadi komik favoritku. ^_^
    Omong2, Gramedia baru aja ngeluarin seri karakter di Tintin loh… (baca iklannya di Kompas hari ini).

Leave a Reply

